Jun 4, 2010

Cara Mengobati Telinga Bernanah

Telinga anda mengeluarkan cairan berwarna kuning atau juga merasa mengalami penyumbatan atau juga saat mengorek kuping keluar kotoran seperti nanah? Jangan abaikan hal tersebut segeralah pergi ke dokter THT.


Cara Mengobati Telinga Bernanah

Adanya nanah di telinga biasanya disebabkan oleh infeksi, misalnya akibat dari mengorek kuping hingga tidak sengaja menyebabkan lubang telinga berdarah. Dokter akan memberikan obat tetes telinga dan anti biotik. Jangan mengorek-ngorek lubang telinga yang bernanah karena dapat memperparah infeksi di lubang telinga dan dapat merusak gendang telinga.

Minumlah terlebih dahulu obat antibiotik yang diberikan oleh dokter, lalu setelah cairannya hilang lanjutkan pengobatan dengan obat tetes telinga.

Bila Telinga Bernanah Kembali Kambuh

Ada kemungkinan penyakit telinga bernanah kembali kambuh, itu karena sebenarnya obat tetes telinga tidak menyentuh seluruh bagian dari iritasi/luka di telinga melainkan hanya berfungsi sebagai sterilisasi kuman dan penyakit dengan kata lain obat tetes telinga tidaklah menyembuhkan.

Penyakit telinga bernanah sebenarnya merupakan penyakit akibat lemahnya organ dalam tubuh, dalam hal ini adalah telinga. Untuk memperkuat organ dalam tubuh, minumlah madu. Madu sangat bagus dalam melawan kuman atau bakteri.

25 comments:

  1. kalo aku langsung pergi ke dokter
    saat itu aku dikasi obat tetes namanya "MICETIN"

    oh ya mengenai load blog kamu cepet apa ga ... silakan cek di http://intikali.blogspot.com/2010/06/tips-memanjakan-pengunjung-blog.html

    ReplyDelete
  2. jaman kecil banyak teman yang menderita sakit ini karena keenakan main di sungai tak menyadari kalau air masuk kedalam telinga.
    Salam

    ReplyDelete
  3. kunjungan lagi ... menyambung dari R10 yang komentar di postinganku, berarti blog ini tergolong blog yang berbobot ringan ... ini menandakan bahwa si empunya blog juga peduli dengan kenyamanan pengunjung :)

    ReplyDelete
  4. hii serem yah telinga sampai bernanah
    thanks ya tipsnya ^___^

    ReplyDelete
  5. waktu kecil temen2 SD ku sering mengalaminya

    ReplyDelete
  6. Aku jg mengalaminya mulai SD sampai skrg sampai umur ku 19 th yg telinga sebelah kanan ,dl sih awal 2 nya sering di uruk 2 sm bulu nya ayam smp berdarah dan keluar cairan yg bau nya ngak enak ,kl badanku panas "kecapean,pusing cairan itu keluar.dl aku g'ngerti kenapa aku bs kyk gt .tp stlh telingaku yg sebelah kiri bermasalah ternyata habis tak bwh ke dokter THT di malang DI RS.SAIFUL ANWAS ternyata aku tau penyebabnya krn gendang telingaku yg sblh kanan robek besar,dan yg kiri robek kecil .mgknya untuk menerima sura aku ngak bgt jelas.

    ReplyDelete
  7. sdh 3 bln ini telinga q bernanah, dah minum antibiotik dan obat tetes teinga tp blm sembuh jg.blm k dokter si....

    ReplyDelete
  8. @ latifah: jangan stress, dan coba perbanyak minum vitamin, madu, susu untuk membantu daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  9. Anak saya umurnya 1th sudah 2hari mengalami penyakit ini, aduh,,,,,,minta bantuannya,terima kasih,

    ReplyDelete
  10. As'kum...

    Kepada sesiapa yg menderita telinga bernanah atau mana2 bahagian, bolehlah gunakan rawatan berkesan yg ada di sini:

    Petua Mengubati Kulit Bernanah

    Dengar khabar cukup berkesan dn mendapat rekomen ramai. Try ler..Semoga berjaya. Tq.

    ReplyDelete
  11. nyimak aja gan THX..,
    gw suka artikel ini

    ReplyDelete
  12. Ini bisa menyebAbkan kematian gak. ? Terus kalo nanahnya agak warna hIjau gITu giMAna ya. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu aku sih gak, insya Allah

      tapi tetap harus periksa ke dokter

      Delete
  13. dari smp sampai sekarang aku punya penyakit ini malu rasanya,,,
    sampai sekarang umur ku 19 tahun ttp ga sembuh ,,,apah bisa di sembuhkan penyakit ini..

    ReplyDelete
  14. penyakit ini yang aku derita sudah 8 tahun sampai sekarang umur ku udah 20 thn blumm jga sembuh ...kerja keras dikit sakit mikir terlalu pusing selalu keluar nanah di tambah badan yg selalu meriang...

    hAduhh maluuuuuu bngt rasanya...
    apakah bisa di sembuhkan

    ReplyDelete
  15. InsyaAllah bisa disembuhkan, setiap penyakit pasti ada obatnya

    ReplyDelete
  16. saya juga mengalami telinga bernanah sudah 20 tahun lebih, rasa malu, minder, tidak percaya diri, dijauhi teman, sudah saya alami, bahkan bolak balik ke RS. THT tak ada hasil yang diharapkan, hampir putus asa dan kecewa saya rasakan, tapi saya yakin Allah Maha Mengetahui dan Mendengar untuk para hambanya yang mau usaha dan berdo'a, dan pada akhirnya saya yakin saya menemukan obat yang tepat, saat ini saya masih proses ikhtiar, usaha, dan do'a dan yakin melalui obat ini saya sembuh, karena dari hari kehari ada hasil yang saya rasakan, buat temen2 yang mengalami penyakit yang sama, bisa share ke saya : 081219497255, Mudah-mudahan ketemu jalannya untuk kesembuhan, Amin.

    ReplyDelete
  17. q punya penyakit ini dr kecil bahkan q juga ga tau persisnya kapan q mulai mengalaminya karna mungkin saking masih kecilnya, dengan berbagai maCAm obat orang tuaku berusaha menyembuhkan penyakitku ini tp kambuh lagi kambuh lagi, klo penyakitku kambuh q selalu diliputi rsa malu yg sangat, hingga q dewasa dan merantau kejakarta, hingga suatu saat q berkunjung ke spesialis THT, kt dokter gendang telingaku dan robek lebih dari 50% dan untuk mengobati cairan yg selalu keluar dr telinga q dikasih resep dan suruh membelinya di apotek nama obatnya TARIVID OFLOXACIN cara pakainya diteteskan ketelinga 3x sehari 2 tetes 2 tetes, dan alhamdulilah dah lebih dari dua tahun ga pernah kambuh kambuh lg, lega rasanya bs bebas dr penyakit ygmembelenggu dr kecil, dan klo seandainya penyakit itu kambuh lagi q ga usah takut lg karna dah tau obatnya.. thanks

    ReplyDelete
  18. dari sejak umur saya 5 tahun sampai umur saya 17 tahun udh sering berobat ke dokter THT tapi masih belum sembuh , cita-cita saya sebagai pemain sepak bola jadi terhalang cuma gara-gara penyakit ini (T_T)

    ReplyDelete
  19. numpanq koment para aqan...!! klo pnya qwe sih.. masih rinqan ky' nya.. l;o q' slah seh qejalanya klo qwe serinq2 denqerin music pk henshet munkin kencen2 X y... !!! pas ti kambuh... manq seh qwe blum pernah brobat k THT tp qwe tnya ma Ortu .. katnya coba aja pake uab Nasi yaitu pas kita na2k nasi uda matenq tu nasi.. nah .. buka t4 nasik tu kita deket kan dah telinqa kita... ... atau ambil nasi nya trus d balut pk kain to pa lah .. N kita usap2 ke daeah telinqa yq sakit..... mudah mudahn berkuranq penyakit nya... N satu lq.. pk batanq pepaya yq uda jatu dr pohonya .. kt panqaanq ..!! y kira2 smp' hanqat to panas lah... baru d tiup2 kan k daerah telinqa yq sakit.... karena kan da uap nya.... tu..
    selamt mencoba ... mudah2n sembuh... amin 40 X

    ReplyDelete
  20. Ak jg sakit telinga ky gini. Dari kecil, krn dlu sering berenang di sungai kaya bolang bocah petualang itu.
    Dr kecil udah diobat2in trrus tapi masih kambuh sampai skrg ymur 26th. Apalagi pas pilek, telinga ikut pilek juga. Wkt sekolah dulu minder krn telinga bau.
    Sekarang udah py anak dan ga minder lg. Buat yg sama ky aku ak saranin ga usah minder. Itu penyakit sama ky penyakit2 yg lain. Yg perlu adalah diobatin. Jaga kesehatan jangan sampe kena pilek. Kl ditanya temen kenapa telingamu jawab aja sakit. Atau jelasin ma temenmu kl sakit ini dah lama ga sembuh2 minta pengertian dr nya. Ak yakin temenmu bakalan support dan kamu ga akan minder lagi.

    ReplyDelete
  21. bro tolong aq...
    telinga ku keluar nanah dan mendengung,
    kira_kira apa obat nya?

    ReplyDelete
  22. takut klo ke dokter tht sakit g ya d obatin nya coz telingaku jg keluar cairan aku ngalamin ini dr kecil smp akhirnya sembuh dan kadang -kadang kambuh lg klo d perhatiin sakit ini timbul klo aku kecapean dan flu batuk

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.