Jan 25, 2011

Macam-Macam Sakit Perut

Sakit perut adalah sakit pada bagian perut. Yang termasuk sakit pada bagian perut adalah sakit yang terjadi pada organ tubuh seperti lambung, usus kecil, usus besar (colon), hati, kantong empedu, dan pankreas.

Macam-Macam Sakit Perut:

1. Maag

Maag merupakan sakit dibagian ulu hati, disertai keluhan seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa ketika lapar. Penyebab maag bisa macam-macam, mulai dari memakan makanan mengandung gas (kol, ubi, sawi), minum minuman seperti kopi, soda, dan alkohol. maag juga bisa disebabkan karena stress, merokok dan mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit.

Untuk mengobati sakit maag dapat membeli obat-obatan anti maag. jika dirasa tidak efektif, segera kunjungi dokter.

2. Batu Empedu

Batu empedu merupakan sakit akibat adanya batu di kantung empedu. Sama seperti sakit maag, batu empedu juga menyerang ulu hati. rasa sakit dibagian pinggang ini hilang-timbul. Kadang rasa sakitnya seakan-akan "menyerang" seluruh tubuh.

Penyebab terkena batu empedu adalah dikarenakan makan makanan berlemak, atau ber-kolesterol tinggi.

Bila terkena gejala batu empedu segera memeriksakan diri ke dokter. Dari hasil USG bila terdapat batu kalsium atau non kalsium yang terlanjur mengeras dan membesar maka harus dioperasi.

3. Usus Buntu

Gejala usus buntu adalah nyeri pada bagian bawah perut. Biasanya disertai mual dan muntah serta nyeri terus-menerus. Bahkan rasa nyeri ini akan bertambah saat anda berjalan. Badan terasa tidak enak dan meriang. Karena rasa sakitnya anda terkadang harus memegang bagian perut kanan bawah, sambil mengaduh.

Usus buntu disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk. Jika anda mendapati gejala usus buntu, segeralah ke dokter. Bila usus buntu dibiarkan maka dapat menyebabkan usus menjadi pecah dan infeksi menyebar ke seluruh perut yang dapat berakibat fatal.

4. Kolera

Bila perut ditekan maka akan terasa nyeri di perut bagian bawah dan diikuti kejang pada otot perut. Perasaan mual dan mau muntah biasanya datang setelah mengalami mencret. Kolera juga dikenal sebagai penyakit muntaber. Kolera disebabkan oleh virus Vibrio cholerae (iBacillus coma). Solusi pertama mengobati kolera adalah dengan minum garam oralit. Bila cairan tubuh yang hilang sangat banyak, maka diperlukan cairan infus.

5. Batu Ginjal

Ciri-ciri terkena batu ginjal adalah nyeri pada perut bagian bawah kiri ataupun kanan yang menjalar menuju penis. Saat terkena serangan batu ginjal, anda akan merasakan nyeri yang luar biasa akibat saluran kemih (mirip selang) tersumbat "batu" yang membuat air seni sulit keluar.

Untuk mengobatinya, maka diperlukan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Bila rasa sakitnya luar biasa, maka tidak bisa tidak, anda harus pergi ke dokter yang akan memberi suntikan penghilang rasa sakit.

Bila batu ginjal terlalu besar atau keras, maka operasi merupakan jalan terbaik untuk mengobatinya.

6. Sembelit

Ciri-ciri sakit sembelit adalah nyeri hilang-timbul pada bagian pusar. Nyeri ini terjadi akibat salah makan atau juga karena susah buang air besar.

Penyebab utama sembelit adalah akibat dari makan makanan tinggi lemak dan kurang makan makan sayur-sayuran atau yang berserat tinggi. Untuk mengobatinya, konsumsi obat pencahar. Pilih obat pencahar sesuai tingkat "keparahan" sembelit anda.

7. Disentri

Disentri menyebabkan anda bolak-balik BAB sepanjang hari. Kotoran anda mencret dan berlendir terkadang disertai darah. Penyebab disentri adalah makanan kotor yang terkena kuman shigela dissentri atau amuba usus.

Untuk mengobati disentri, minumlah garam oralit. Dokter mungkin juga akan memberikan antibiotika untuk membunuh kuman.


Referensi: