Jan 25, 2011

Macam-Macam Sakit Perut

Sakit perut adalah sakit pada bagian perut. Yang termasuk sakit pada bagian perut adalah sakit yang terjadi pada organ tubuh seperti lambung, usus kecil, usus besar (colon), hati, kantong empedu, dan pankreas.

Macam-Macam Sakit Perut:

1. Maag

Maag merupakan sakit dibagian ulu hati, disertai keluhan seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa ketika lapar. Penyebab maag bisa macam-macam, mulai dari memakan makanan mengandung gas (kol, ubi, sawi), minum minuman seperti kopi, soda, dan alkohol. maag juga bisa disebabkan karena stress, merokok dan mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit.

Untuk mengobati sakit maag dapat membeli obat-obatan anti maag. jika dirasa tidak efektif, segera kunjungi dokter.

2. Batu Empedu

Batu empedu merupakan sakit akibat adanya batu di kantung empedu. Sama seperti sakit maag, batu empedu juga menyerang ulu hati. rasa sakit dibagian pinggang ini hilang-timbul. Kadang rasa sakitnya seakan-akan "menyerang" seluruh tubuh.

Penyebab terkena batu empedu adalah dikarenakan makan makanan berlemak, atau ber-kolesterol tinggi.

Bila terkena gejala batu empedu segera memeriksakan diri ke dokter. Dari hasil USG bila terdapat batu kalsium atau non kalsium yang terlanjur mengeras dan membesar maka harus dioperasi.

3. Usus Buntu

Gejala usus buntu adalah nyeri pada bagian bawah perut. Biasanya disertai mual dan muntah serta nyeri terus-menerus. Bahkan rasa nyeri ini akan bertambah saat anda berjalan. Badan terasa tidak enak dan meriang. Karena rasa sakitnya anda terkadang harus memegang bagian perut kanan bawah, sambil mengaduh.

Usus buntu disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk. Jika anda mendapati gejala usus buntu, segeralah ke dokter. Bila usus buntu dibiarkan maka dapat menyebabkan usus menjadi pecah dan infeksi menyebar ke seluruh perut yang dapat berakibat fatal.

4. Kolera

Bila perut ditekan maka akan terasa nyeri di perut bagian bawah dan diikuti kejang pada otot perut. Perasaan mual dan mau muntah biasanya datang setelah mengalami mencret. Kolera juga dikenal sebagai penyakit muntaber. Kolera disebabkan oleh virus Vibrio cholerae (iBacillus coma). Solusi pertama mengobati kolera adalah dengan minum garam oralit. Bila cairan tubuh yang hilang sangat banyak, maka diperlukan cairan infus.

5. Batu Ginjal

Ciri-ciri terkena batu ginjal adalah nyeri pada perut bagian bawah kiri ataupun kanan yang menjalar menuju penis. Saat terkena serangan batu ginjal, anda akan merasakan nyeri yang luar biasa akibat saluran kemih (mirip selang) tersumbat "batu" yang membuat air seni sulit keluar.

Untuk mengobatinya, maka diperlukan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Bila rasa sakitnya luar biasa, maka tidak bisa tidak, anda harus pergi ke dokter yang akan memberi suntikan penghilang rasa sakit.

Bila batu ginjal terlalu besar atau keras, maka operasi merupakan jalan terbaik untuk mengobatinya.

6. Sembelit

Ciri-ciri sakit sembelit adalah nyeri hilang-timbul pada bagian pusar. Nyeri ini terjadi akibat salah makan atau juga karena susah buang air besar.

Penyebab utama sembelit adalah akibat dari makan makanan tinggi lemak dan kurang makan makan sayur-sayuran atau yang berserat tinggi. Untuk mengobatinya, konsumsi obat pencahar. Pilih obat pencahar sesuai tingkat "keparahan" sembelit anda.

7. Disentri

Disentri menyebabkan anda bolak-balik BAB sepanjang hari. Kotoran anda mencret dan berlendir terkadang disertai darah. Penyebab disentri adalah makanan kotor yang terkena kuman shigela dissentri atau amuba usus.

Untuk mengobati disentri, minumlah garam oralit. Dokter mungkin juga akan memberikan antibiotika untuk membunuh kuman.


Referensi:

55 comments:

  1. duh Maag nomer satu... saya paling sering kena nih.. bandel sih hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya sampe sekarang gak tau penyakit maag itu yang bagaimana. Padahal dokter sendiri pernah bilang kalau saya punya maag. =))

    ReplyDelete
  3. sakit maaaggg... kayaknya itu penyakit wajib sewaktu kuliah dulu deh. hiks... hikss..

    ReplyDelete
  4. Untuk mengatasi usus buntu saran saya anda hrs banyak minum air putih

    ReplyDelete
  5. salam sahabat
    dai macam macam sakit perut baru tahu yang kolera terima kasih nmaaf telat

    ReplyDelete
  6. makasih ka atas share pengetahuanya...
    mantabs..

    ReplyDelete
  7. Sakit perut sering dianggap sebagai penyakit yang tidak serius, kalau tida maag ya masuk angin.
    Padahal sebenarnya ada 7 macam.

    ReplyDelete
  8. Mas, kok diare ga masuk? ini kan yang paling lumrah di kalangan masyarakat Indonesia, hehehe.

    Saya paling sering nih kena diare :p

    ReplyDelete
  9. waduh ngeri juga. saya baru kena maag. jangan sampai lebih deh

    ReplyDelete
  10. Wah...serem yang batu empedu..aku kadang juga kaya gitu....dokter pernah bilang ada gejala...semoga semua baik2....

    ReplyDelete
  11. aku mnderita maag...
    dan baru2 ini juga, didiagnosa batu ginjal...
    waaahh,, moga bsa smbuh dech..
    hehehe..

    ReplyDelete
  12. klu emang lagi dapetnya... ampun ampun kang :(

    ReplyDelete
  13. kalo aq sering mules karna suka pedes c hehehehe
    Info bagus nich tentang perut,,,,

    ReplyDelete
  14. untunglah aku cuma kena sembelit saja ...

    ReplyDelete
  15. aku juga salah satu penderita maag....
    kalo lagi kumat sakiiiit >.<

    ReplyDelete
  16. makasih ya atas infonya
    salam keanl :D

    ReplyDelete
  17. thypus juga kayaknya berawal dari serangan bakteri salmonella di dalam usus kita...benar gak ya...

    ReplyDelete
  18. alhamdulilah ga pernah sakit perut,,sekalinya sakit perut kalo lagi belum jam makan aja,,hehee

    ReplyDelete
  19. informasi yang bermanfaat
    semoga kita semua sehat selalu
    salam sukses..

    sedj

    ReplyDelete
  20. aduh...ini mah kayanya "penyakit" perut, wkakakaaak.... untung sejauh ini yang sering cuma diare, gara2 makan jajanan luar... fiuh...

    ReplyDelete
  21. kalo masalah ginian mah cepet cepet aja ke wc hihihi

    ReplyDelete
  22. salam sobat
    ternyata banyak macamnya sakit perut, saya dulu tahunya sakit mag saja.
    semoga kita semua sehat.
    trims sharingnya.

    ReplyDelete
  23. moga kita dijauhkan ya. ngeri juga tuh banyak . betapa perlunya menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  24. Ya ampun. Sakit maag saja rasanya sudah luar biasa sakit ya apalagi kalo sakit perutnya karena batu empedu or ginjal.
    Desentri juga, syukurlah saya belum pernah kena dientri cuma pernah diare biasa saja.
    Menjaga kesehatan pencernaan adalah keharusan bagi yang sering sakit perut... jadi pilih makanan juga harus hati2... :)

    ReplyDelete
  25. Aku sering lho kena penyakit mag. sakitnya bukan main. Mungkin mulai sekarang aku harus merubah pola makanku agar mampu menghindari penyakit ini.

    ReplyDelete
  26. Info menarik ich .. tenyata banyak ya kategori saki perut

    ReplyDelete
  27. Setelah kemarin membaca ini dan telpon bunda takut kena batu empedu, Bunda ngadem2in dech...tenang,..itu hanya maag kamu karena nggak bisa makan nasi yang keras, makan berlemak...hehhehe

    (lebih percaya ama bunda daripada dokter)

    ReplyDelete
  28. Saya mempunyai gejla maag ... penyakit yang sangat menyiksa ... dan menyakitkan ..

    ReplyDelete
  29. kalo punya saya ni termasuk yang mana ya, kok kayaknya gak ada.

    ReplyDelete
  30. Okeh maceme yo mas ....mudah-mudahan ndak kena..aminnn

    ReplyDelete
  31. Kolera termasuk sakit perut ya..? Baru tahu nih..

    ReplyDelete
  32. Banyak juga macam sakit perut. Thanks for sharing ya....

    ReplyDelete
  33. Saya paling sering mengalami sakit perut, terutama masalah diare......dan memang saya paling tak bisa makan pedas..makan pedas dikit aja bisa mencret berkali2.......salam

    ReplyDelete
  34. yang nomer 1 pernah mampir di tempat ane he he.. pisang kepok konon dapat membantu menstabilkan asam lambung, makasih tipnya :D

    ReplyDelete
  35. Gue punya tuh penyakit maag >.<

    ReplyDelete
  36. Hmmm...jadi khawatir, apa saya jangan2 sakit usus buntu yah?
    Perut bagian bawah gue sering banget sakit.
    Dan kalo dipake jalan sakitnya emang malah menjadi2.
    Harus periksa nih :(

    ReplyDelete
  37. aku juga kena maag nih tapi itu karena merokok dulu kalau berhenti merokok maagnya juga hilang

    ReplyDelete
  38. Wah ternyata macam2 juga ya skit perut tapi yang familier bt saya paling skit maag aj UM...Info mnarik um sukses salu

    ReplyDelete
  39. Eh, koq tifus fak ada?
    Apa tifus itu bkn penyakit perut ya?
    Saia dulu pernah kenanya tifus siyh, yg trmsk temannya kolerta dan disentri... :P

    ReplyDelete
  40. info baru dan sangat bermanfaat, mas. saya termasuk orang yang punya kelemahan di perut. dikit2 kena diare, hehe ... terima kasih atas info dan share-nya.

    ReplyDelete
  41. sakit perut terbanyak akibat maag...
    tapi wanita suka sakit perut juga kalo "pas lagi dapet"

    ReplyDelete
  42. perut saya ga pernah mau gede yach!
    kenapa tuch?... padahal porsi makan udah dilipatandakan :p

    ReplyDelete
  43. haha seep thanks ya infonya :)
    kalo kurang makan bisa sakit perut juga tuh

    ReplyDelete
  44. Salah satu aktifitas penting yang dilakukan oleh manusia sejagat adalah makan dan minum. Makanan ideal itu '4 sehat 5 sempurna'. Dari makan inilah dapat timbul berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Salah satu resep yang sangat bagus berkaitan dengan kebiasaan makan adalah 'tidak makan sebelum merasa lapar, dan berhenti makan sebelum perut kenyang'. Bila resep ini dijalankan dengan rutin, Insyaallah tubuh kita akan sehat dan tidak mudah sakit perut.

    ReplyDelete
  45. Subhanallah, ternyata banyak banget ya...

    ReplyDelete
  46. alhamdulilllah ane blum pernah ngerasain sumua diatas n semoga jngan sampe sakit ^^

    ReplyDelete
  47. salam sob
    aku terkena yang maag itu sob

    ReplyDelete
  48. saya paling benci yang namanya sembelit.

    ReplyDelete
  49. Semoga kita semua selalu sehat sob, kalaupun sakit itu hanya sementara dan sebentar dan segera sembuh amiin..

    ReplyDelete
  50. dok saya selau nyeri perut pada saat haid, biasanya saya minum jamu, namun saat haid lagi pasti gitu lagi. penyebabnya apa dok? mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
  51. kalo sakit perut setiap kedinginan, nyerinya ga jelas dibagian mana yang pasti bukan ulu hati, lebih sakit daripada maag, dan baru ilang ketika semua isi perut dikeluarkan lewat mencret itu apa ya?
    Dari kecil saya selalu diserang penyakit inikalo sakit perut setiap kedinginan, nyerinya ga jelas dibagian mana yang pasti bukan ulu hati, lebih sakit daripada maag, dan baru ilang ketika semua isi perut dikeluarkan lewat mencret itu apa ya?
    Dari kecil saya selalu diserang penyakit ini

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.