Feb 4, 2011

Tips & Trik Memainkan CityVille

CityVille merupakan games buatan Zynga di Facebook yang sedang naik daun. Pertama kali diperkenalkan pada 18 November 2010, namun peluncuran secara resmi ditunda ke bulan Desember 2010 untuk memberi waktu Zynga membuat "penyesuaian" pada game tersebut.

CityVille dimainkan oleh 290,000 players saat peluncurannya. Dan pada 2 Januari 2011, CityVille berhasil mengalahkan Farmville sebagai game yang paling sering dimainkan pengguna Facebook. CityVille sendiri merupakan game simulasi membangun kota (city-building sim). Berikut tips dan trik bermain CityVille.

Cara Bermain CityVille

1. Storage Itu Penting


Walaupun game ini bertema perkotaan bukan berarti kita tidak dapat berkebun. Berkebun merupakan hal paling penting karena akan menjadi "roda utama" perekonomian kita. Hasil perkebunan kita akan menjadi persediaan dalam membangun bisnis kita (supply persediaan bisnis kita). Bila kita berkebun banyak tanaman, maka dibutuhkan banyak penyimpanan (storage - barns, silos, sticks dan sheds). Karena itu bangunlah banyak storage.

2. Pilih Jenis Pemukiman Yang Tepat


Tidak mungkin membangun kota tanpa permukiman, namun kita harus memilih permukiman yang tepat. Apartemen atau Rumah? Bagi mereka yang memainkan Cityville setiap hari membangun rumah lebih cocok karena kita dapat menagih uang sewa beberapa kali sehari. Sedangkan yang mereka tidak bermain setiap hari, opsi membangun apartemen lebih tepat.

3. Pilih Bangunan Yang Tepat Dalam Mengembangkan Kota


Dalam mengembangkan kota, pilihlah bangunan yang tepat untuk dibangun. CityVille tidak akan mengijinkan kita mengembangkan populasi tanpa membangun gedung komunitas (community buildings). Saat membangun kantor polisi, kantor pos, museum kita membutuhkan teman-teman Facebook kita yang bermain CityVille untuk mengisi sejumlah lowongan staf. Bila kita tidak memilki cukup teman, maka kita dapat membelinya dengan uang.

4. Teman Sangat Penting


Bermain CityVille sendirian sangatlah menyulitkan. Ajaklah teman anda bergabung. Kehadiran mereka dapat membantu kita mengisi posisi staf, mendapatkan supply, uang dan yang terpenting, mendapatkan tambahan Energy.

5. Jangan Lupa Mendekorasi


Mendekorasi gedung akan mendatangkan lebih banyak uang. Yang perlu kita lakukan adalah menempatkan dekorasi (entah tanaman atau air mancur, dll) dan selanjutnya kita akan meraih pendapatan uang sewa lebih besar. Semakin mahal dekorasinya, semakin besar uang sewa yang kita dapatkan.

6. Produk Baru Ditambahkan Berkala


Secara berkala Zynga menambahkan produk-produk baru mereka untuk mendukung game CityVille. Misalnya tanaman, gedung, dekorasi dan sebagainya. Pastikan secara berkala memeriksanya di tab "New".

Demikianlah telah R10 jelaskan cara bermain CityVille di Facebook.
Referensi: