Jun 21, 2011

Kebun Binatang Ragunan Tujuan Wisata Murah Meriah


Kebun binatang Ragunan merupakan salah satu tujuan wajib wisata di Jakarta Selatan. Lokasinya sangat strategis karena terletak bersebelahan dengan Halte Busway Ragunan maupun Terminal Ragunan. Sehingga sangat mudah dikunjungi. Kebun binatang Ragunan buka dari jam 09.00 - 18.00 sedangkan tiket masuknya Rp 4.000 (dewasa) dan Rp. 3.000 (anak) ditambah asuransi Rp. 500 per orang.

Pusat Primata Schmutzer

Orang Utan di TMR
Kebun binatang Ragunan memiliki koleksi binatang yang cukup banyak seperti burung, kuda nil, buaya, harimau, singa, jerapah, kuda, zebra. Selain itu di dalam kebun binatang Ragunan terdapat Pusat Primata Schmutzer, di sini anda dapat melihat aneka jenis primata seperti orang utan, simpanse, gorilla yang terawat sangat baik. Sebagai tambahan informasi orang utan di KB Ragunan seringkali dilempari makanan oleh pengunjung, diantaranya adalah rokok, sehingga orang utan pun akhirnya belajar merokok. Di Pusat Primata Schmutzer aneka jenis primata diletakan di kandang yang tertutup kaca dan berpendingin udara.

Untuk memasuki Pusat Primata Schmutzer anda harus membayar Rp. 5000 baik untuk Dewasa maupun Anak. Anda juga akan dilarang untuk membawa makanan dan minuman, rokok dan korek api, jaket ukuran besar, senjata api dan tajam, serta mainan anak. Tersedia tempat penitipan barang dan air minum gratis di dalam Pusat Primata Schmutzer.

Harga Tiket Taman Margasatwa Ragunan

Berdasarkan Peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 Tahun 2006 tentang Retribusi Daerah:

1. Pelayanan Masuk Tempat Rekreasi TMR:

a. Dewasa Rp. 4.000/orang
b. Anak Rp. 3.000/orang
c. Juru Foto Rp. 10.000/orang

Biaya asuransi Rp. 500 per orang. Untuk rombongan pelajar/mahasiswa/panti sosial - minimum 30 orang - dikenakan tarif 75 % dari tarif yang berlaku.

2. Pemakaian Fasilitas TMR / Sarana TMR

a. Mobil Rp. 5000/hari
b. Bus/Truk Rp. 10.000/hari
c. Motor Rp. 2.500/hari
d. Sepeda Rp. 1.000/hari
e. Kuda Tunggang Rp 3.000/orang
f. Unta Tunggang Rp.5000/orang
g. Gajah Tunggang Rp.5000/orang
h. Taman Satwa Anak/Pentas Satwa Rp. 1500/orang
i. Pusat Primata Schmutzer Rp. 5.000/orang
j. Panggung Rp. 150.000/hari
k. Gedung Informasi Rp. 200.000/hari
l. Gedung Auditorium Rp. 1.000.000/hari
m. Sound System Rp. 100.000/hari
o. Pemutaran Film Satwa Rp. 100.000/judul
p. Penyewaan Satwa Jinak untuk Berfoto Rp. 2.500/foto
q. Pedagang Hari Minggu/Besar Rp. 15.000/hari
r. Pedagang Hari Biasa Rp 10.000/hari
s. Shooting Film Cerita Rp. 1.000.000/hari
t. Shooting Film Iklan Rp. 1.500.000/hari
u. Shooting Film Video Dokumenter Rp. 500.000/hari
v. Shooting Film Video Keluarga Rp. 200.000/hari

Menghubungi Kebun Binatang Ragunan:

Telp. (021) 780 6975, 789 0615.
Fax. (021) 780 5280

Makan - Minum Serta Sholat

Pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Juga terdapat warung makanan dan penjual minuman di berbagai area kebun binatang Ragunan.  Untuk sholat tersedia masjid. Jangan lupa menitipkan sandal dan barang-barang berharga di penitipan (gratis).

Peta Kebun Binatang Ragunan

KB Ragunan luas sekali
Kebun binatang Ragunan memiliki luas 140 hektar, sayangnya tempat seluas ini, peta hanya ada satu, terletak di pintu masuk utama. Mengingat sangat luasnya TMR maka R10 sarankan untuk dua kali berkunjung untuk melihat semua area TMR. Atau datang dari pagi jam 9 sehingga memiliki cukup waktu untuk mengeksplor semua wilayah KB Ragunan. Alternatif lain adalah berkeliling kebun binatang Ragunan dengan menggunakan sepeda. Pengunjung boleh membawa sepeda sendiri atau dapat menyewa sepeda.

Harga Sewa Sepeda Di Kebun Binatang Ragunan

Tempat persewaan sepeda terletak di dekat Pintu Masuk/Keluar Utara. Berikut harga sewanya:

MTB 26" Dewasa Rp 10.000 per jam
MTB Tandem 26" Dewasa Rp. 15.000 per jam
MTB 24" Anak Rp 7.500 per jam
MTB Tandem 20" Anak Rp 10.00 per jam
MTB 20" Anak Rp 7.500 per jam

Naik Angkot Apa Ke Ragunan?

Kebun binatang Ragunan dapat dikunjungi melalui busway Jakarta (biaya Rp. 3.500) atau dengan naik angkot jurusan ke TMR.

- Kopaja 19 dan Kopaja 985 dari Tanah Abang melalui Blok M ke TMR
- Metromini 77 dari Blok M ke TMR
- Kopaja 68 dan 602 dari Kampung Melayu melalui Pasar Minggu ke TMR
- Mikrolet 17 dan KWK 02 dari Depok ke TMR
- KWK 15A dari Taman Mini Indonesia Indah ke TMR


49 comments:

  1. wah .. murah ya ..
    pengen foto sama harimau ada gak kang .. ?

    kalo di Surabaya KB nya memprihatinkan .. :(

    ReplyDelete
  2. memang murah meriah nih apalagi liburan sekolah pasti penuh.kalau aku menghindari jalan-jalan waktu liburan panjang

    ReplyDelete
  3. Tarif masuknya murah sekali, ya? Kemarin sy masuk tempat wisata di daerah Jatim 50rb/orang.

    ReplyDelete
  4. wah..emang benar2 pilihan keluarga nih...

    ReplyDelete
  5. Ri
    Di dalam ga ada mobil golf gitu ya. Katanya dari kandang ke kandang harus jalan cukup jauh... kata teman saya sih.
    Saya belum pernah ke sana karena katanya jalannya jauh, jadi malas :D.

    ReplyDelete
  6. wah tiketnya murah banget ya........

    ReplyDelete
  7. pasti rame banget kalau skarang, apalagi kan musim libur sudah mulai...

    ReplyDelete
  8. waduh, kalo semurah itu siapa yang ndak senang...ponakanku pasti demen diajak ke sana >.<

    ReplyDelete
  9. sayangnya perjalanan ke ragunan itu yang bikin mahal kalo dari surabaya :)

    ReplyDelete
  10. wah sip banget nih, kalo kapan2 ke ragunan ga kesasar lagi hehehe jadi kangen ingin kesana jalan2.... :)

    ReplyDelete
  11. Saya sudah pernah ke sana, tapi nggak sempat masuk ke Schmutzer. Hiks.

    ReplyDelete
  12. tiket masuknya murah ya dibandingkan kebun binatang Bandung ...

    ReplyDelete
  13. Salam

    Infonya lengkap..
    Tepat banget sama liburan sekolah nih..

    Salam kawan

    ReplyDelete
  14. udah lamaaaa banget gak ke ragunan. terakhir kesana yang primanat belum dibangun

    ReplyDelete
  15. waaaah udah lama banget gg ke Ragunan, terakhir kesini pas lulus TK *curhat*

    ReplyDelete
  16. waaaah itu tempat aku pacaran dulu...
    pernah lagi pacaran dilempar kulit pisang sama monyet

    ReplyDelete
  17. KB Ranggunan merupakan tempat yang menarik untuk melihat binatang di Jakarta.

    ReplyDelete
  18. huee komplit infonya. saya dulu ke ragunan pake busway. jauh ya dari setiabudi -_-" lamaa di jalan.

    ReplyDelete
  19. huaaaaaaaa....
    terakhir masuk ragunan tahun 1989
    22 tahun yg lalu

    ReplyDelete
  20. Wisata bersama keluarga ke tempat menarik seperti Kebun Binatang Ragunan tentunya amat mengesankan. Apalagi mengajak anak-anak yang masih kecil dengan keingintahuan yang besar. Informasi yang komplit tentang Kebun Binatang Ragunan. Terima kasih. Salam blogger. Sukses selalu Sobat.

    ReplyDelete
  21. saya masih ingat terus sampai sekarang, dulu waktu kecil pernah foto dengan mengambil latar belakang gajah eh...gajahnya ngamuk. kita sekeluarga disambit pakai tanah. terakhir ke sana, gajahnya sudah menyedihkan keadaannya. ragunan juga tak terurus kesannya.

    ReplyDelete
  22. Salam kenal dari rumah resep masakan Indonesia, ditunggu kunjungan baliknya :).

    ReplyDelete
  23. eh beneran thu naik2 binatang segitu harganya? murah amat.....

    ReplyDelete
  24. murah abis dan gede abis.. ragunaan emang pusat hiburan yang terjangkau sama masyarakat banyak.. dari dulu belom naik harganya yah?.. saya dulu dua tahun lalu juga masih segitu

    ReplyDelete
  25. lumayan deket nih dari rumah. tapi ngga deket-deket banget. lah wong saya di jaktim, wkwkwk.

    ReplyDelete
  26. Benar2 pilihan wisata yang terjangkau..

    ReplyDelete
  27. Infonya bener2 lengkap, jadi kalau mau kesana udah ada bayangan ...
    Oh ya makasih ya udah mengoreksi judul postingan ku...

    ReplyDelete
  28. sudah beberapa kali ke ragunan gak pernah bosan. senang aja gitu seolah berada di hutan beneran.

    jadi pengen ke sana lagi dah

    ReplyDelete
  29. huwaaa... di makassar mana ada yang beginian!!?
    pengen liat kera sakti, ada nggak ya? hehe

    oy,dapat tugas tag dari saya..
    semoga bisa ditunaikan..
    silahkan buka disini => http://koskakiungu.blogspot.com/2011/06/kenapa-takut-ditolak.html

    ReplyDelete
  30. kpn ya bisa berwisata kesitu? aku terlalu sibuk bgt dgn kerjaan nih..

    ReplyDelete
  31. saleum
    saya sudah dua kali mampir ke ragunan, memang betul banyak dijumpai satwa disana. mudah2an kehidupan satwa di KB Ragunan tetap terjamin.
    saleum dmilano

    ReplyDelete
  32. Thanks for sharing..walah dulu sering lewat depan ragunan tapi belom sekalipun masuk kesana :)
    salam

    ReplyDelete
  33. traktir..dunk..he.he.he.. ntar dech kalo ke jakarta tak mampir...

    ReplyDelete
  34. lengkap sm harganya tidak mengalami kenaikan,heheh
    amin,,
    maaf oot

    ReplyDelete
  35. udah lama enggak ke bonbin ragunan

    ReplyDelete
  36. tak kusangka Ragunan ternyata banyak wahananya juga ya..
    ada pemutaran filmnya juga :-s

    ReplyDelete
  37. Wah manteb, sayang saya tinggal di Kalimantan, nda bisa kesana. Haha :D

    ReplyDelete
  38. lengkap banget infonya Rio!! pantes kalo Viva jadiin ini Headline!! selamat..

    ReplyDelete
  39. mas minta no telp call cantre ragunan dong,penting bgt,trima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  40. @ anonymous:

    coba hubungi: (021) 780-5280 / 780-6975.

    ReplyDelete
  41. Wah! Makasih banyak ini infonya..hari ini pengen ke Ragunan..semoga menyenangkan ^_^ pengen nyobain sepedanya ih :)

    ReplyDelete
  42. Wah seru nih..kebetulan nnti siang mau kesana sm pacar dan keluarganya untuk bersepeda bareng..lumayan untuk yg ga bawa sepeda sendiri bisa sewa..hahaaa..meskipun jalan dr kandang ke kandang lain rada jauh,tp kan bisa ditempuh dengan sepeda..maju terus wisata indonesia.. :^D^: Btw terima kasih atas infonya..

    ReplyDelete
  43. berguna sekali artikelnya,
    setelah ngubek2 google ktmu no. tlpnya.
    sayangnya ga ada website resminya,
    dan sekalinya nelp, customer servicenya jutek minta ampun.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak mengandung link terlarang. FYI terhitung sejak 27 Mei 2014 R10 membuka kembali kotak komentar setelah bersih-bersih blog dengan menghapus 1000 lebih posting menjadi hanya sekitar kurang dari 300 pos.

Ini karena R10 ingin blog ini bersih dan hanya posting hal yang dirasa bermanfaat.

Mohon maaf bila tak semua blog R10 kunjung balik. Sesempat waktu yang dimiliki saja.