Nov 16, 2011

Selamat Jalan Yusnita Febri

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un telah meninggal blogger Yusnita Febri dalam usia 29 tahun. Nita (begitu panggilannya) adalah seorang blogger yang juga menggunakan Alat Bantu Dengar. Bahkan blognya banyak berkisah tentang Alat Bantu Dengar, mulai dari saat pertama mengenakan Alat Bantu Dengar hingga tips dan trik seputar Alat Bantu Dengar. Terus terang hal ini membuat R10 malu sebab artikel tentang Alat Bantu Dengar di blog R10 justru sedikit.


R10 belum pernah bertemu secara langsung dengan Yusnita Febri. Kalau tak salah perkenalan R10 dengan Yusnita Febri mungkin pada saat berikut:

1. Saat R10 hendak googling dengan keyword "Alat Bantu Dengar"
2. Atau saat R10 hendak googling dengan keyword "Blogger Alat Bantu Dengar"
3. Tak sengaja saat blogwalking dan menemukan blog Yusnita Febri yang isi blognya banyak berbicara tentang Alat Bantu Dengar.

Poin nomer dua dan yang nomer tiga tampaknya yang paling mungkin. Tak lama setelah mengetahui kondisi Nita yang sama dengan R10. Mulailah R10 request "Add Friend" di Facebook. Dari history message Facebook, tampaknya percakapan R10 dengan Yusnita Febri dimulai pada tanggal 7 Juli 2010.

Di awal perkenalan R10 menceritakan kalau penyebab R10 menggunakan Alat Bantu Dengar sama dengan yang dikisahkan Yusnita Febri di sini. Setelah itu ada beberapa percakapan R10 dengan Nita melalui message Facebook. Sayang kemudian R10 jarang melanjutkan chatting dengan Yusnita Febri (sebab R10 memang tak suka chatting).

Posting terakhir di Warung Blogger

Pagi ini saat membuka grup Warung Blogger di Facebook, betapa terkejutnya mengetahui Yusnita Febri telah meninggal. Lebih terkejut lagi saat membaca status Yusnita Febri yang diposting kakaknya, ternyata rumah Yusnita Febri tak bisa dibilang jauh dari rumah R10 (walau R10) belum pernah ke daerah rumah Nita. Rumah R10 di Ciputat (belakang pasar Ciputat yang pernah kebakaran) sedang rumah Yusnita Febri di Komp. Deplu Caraka Buana Blok D-2, Rt.002 Rw. 06 Jurang Mangu Timur, Pondok Aren.

Pagi itu juga R10 langsung berencana ke rumah duka. Terima kasih kepada Bunda Mahes yang memberi petunjuk Komplek Deplu itu letaknya di arah Cipadu. Jadi kalau dari arah rumah Bunda Mahes, Cipadu itu belok kiri di Jalan Ceger Raya, maka kalau dari arah R10 Cipadu itu belok kanan di Jalan Ceger Raya.

Jenazah di rumah duka
Alhamdulillah setelah sampai di dearah Cipadu dengan mengendarai motor secara perlahan R10 langsung berhasil menemukan Komplek Deplu. Ternyata plang Komplek Deplu Cipadu itu kecil. Dari arah R10 plang tersebut tak kelihatan, namun karena ada bendera kuning, R10 sempatkan untuk menghentikan motor dan ternyata itu benar, itu Komplek Deplu. Dan rumah Yusnita Febri tak terlalu jauh dari plang Komplek Deplu, sekitar 50-100 meter saja.

Setelah disholatkan
Saat dikuburkan

R10 tiba sekitar pukul 9.45 mungkin. Tak lama kemudian jenazah disholatkan pada pukul 10.00 dan dikuburkan sekitar pukul 10.30. Alhamdulillah R10 sempat turut menyolatkan dan mengantarkan jenazah hingga liang kubur.

Yusnita Febri

Makam Nita


6 Februari 1982 - 15 November 2011


Nita meninggal sekitar pukul 21.15-21.20. Saat sedang online, tiba-tiba Nita terbatuk-batuk sangat keras hingga mengeluarkan darah. Penyebab meninggalnya Nita menurut dokter adalah tersumbatnya saluran pernapasan.

Selamat jalan Nita, semoga amal perbuatanmu diterima oleh-Nya. Yakinlah kekuranganmu (sulit mendengar) akan menjadi penggugur dosamu - Insya Allah. Amin

NB:

Mungkin ada blogger yang melihat R10 di rumah duka. Mohon maaf kalau tak sempat bertegur sapa. Salah satu perbedaan R10 dengan Yusnita Febri adalah R10 itu seorang pemalu ditambah kesulitan mendengar di keramaian (seperti tempat publik). Jadilah R10 memilih untuk diam dan mencari tempat di pojokan. 

Dan kalau tak salah aku mungkin melihat blogger Asop. Benar ga? Selain di rumah duka, Asop juga turut sholat jenazah di sebelah kananku. Tapi aku ragu bukankah Asop tinggal di Bandung?