Oct 12, 2012

Cincin Barack Obama: Bertuliskan Lafadz Syahadat

Lagi-lagi berita terkait agama Barack Obama. Di Indonesia, umat muslim meyakini Obama bukan muslim. Tidak demikian dengan warga negara Amerika. Nama Barack Hussein Obama II, mengingatkan akan nama muslim. Terlebih Obama besar di Indonesia yang mayoritas muslim. Dan baru-baru ini pakar Islamologi asal AS, Mark A Gabriel menambahkan bila cincin yang digunakan Obama berlafadz kalimat syahadat. Apakah ini isu kebetulan atau disengaja menjelang pemilu Presiden AS, 6 November 2012 mendatang? 


Berikut ini penjelasan Mark A Gabriel tentang cincin yang dikenakan Obama. Kaligrafi syahadat "La Ilaha Illallah" pada cincin Obama terbagi dalam dua bagian. Di bagian atas, tertulis huruf Arab, Lam, Alif, Alif, Lam, dan Ha yang dibaca dari kanan ke kiri. Susunan huruf tersebut membentuk frasa 'La Ilaha' yang artinya 'Tidak Ada Tuhan'.

Lalu pada bagian bawah, terukir huruf Alif, Lam, Alif, Alif, Lam, Lam dan Ha. Susunan huruf-huruf tersebut membentuk frasa "Illa Allah" yang bermakna "Selain Allah". Jika kedua bagian tersebut dibaca bersambung maka akan terbentuk kalimat "La Ilaha Illallah" yang bermakna "Tiada Tuhan Selain Allah".

"Adalah suatu hal yang lumrah dalam seni Islam dan kaligrafi Arab untuk menuliskan pesan-pesan Alquran dalam perhiasan. Huruf-huruf tersebut juga biasa dibuat tumpang tindih agar pas dengan ruang yang ada," ujar Gabriel.

Cincin "Syahadat" Ini Sudah Dikenakan Sejak 1981

Sebelum Barack Obama menikah dengan Michelle Robinson pada 3 Oktober 1992, Barack Obama diyakini telah menggunakan cincin "syahadat" sejak 1981. Seperti foto dibawah ini saat Obama bersama Hasan Chandoo (teman sekamarnya) di Occidental College pada tahun 1981.



Kesimpulan

Muslim atau tidak, kebijakan Obama sangat tak berpihak pada dunia muslim. Jadi isu ini hanya hangat di dunia barat, tapi tak penting didunia muslim.

Referensi: The Blaze (baca disini untuk ulasan lengkap)